Pengembangan Trainer Karakteristik V-I Panel Surya Pada Mata Kuliah Dasar Energi Listrik.

Hasril, 180211084 (2023) Pengembangan Trainer Karakteristik V-I Panel Surya Pada Mata Kuliah Dasar Energi Listrik. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Trainer Karakteristik V-I Panel Surya Pada Mata Kuliah Dasar Energi Listrik] Text (Pengembangan Trainer Karakteristik V-I Panel Surya Pada Mata Kuliah Dasar Energi Listrik)
Hasril, 180211084, FTK, PTE, 085362379654.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Prodi Pendidikan Teknik Elektro saat ini telah menyediakan 3 unit panel surya yang akan digunakan untuk pembelajaran praktikum pada matakuliah Dasar Energi Listrik. Namun saat ini belum adanya trainer dan modul sebagai panduan dalam pembelajaran praktikum. Adapun tujuan dari pembuatan trainer ini adalah untuk menunjang salah satu pembelajaran praktikum pada matakuliah Dasar Energi Listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan memperhatikan sepuluh tahapan. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk menguji kelayakan trainer dan angket untuk materi tanggapan responden terhadap trainer panel surya. Penelitian ini melibatkan 2 orang dosen sebagai validator ahli media dan ahli materi. Selain dosen, penelitian ini juga melibatkan mahasiswa semester 5 yang telah mengambil praktikum matakuliah Dasar Energi Listrik. Selanjutnya hasil validasi ahli media memperoleh 72% dengan kategori “Layak”, dan ahli materi memperoleh 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil dari tanggapan reponden menunjukkan bahwa trainer ini sangat baik digunakan dalam praktikum pada matakuliah Dasar Energi Listrik. Berdasarkan persentase yang diperoleh dari keseluruhan responden adalah 85.8% dengan kategori “Sangat Baik”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Trainer Panel Surya yang telah dirancang dapat digunakan untuk pembelajaran praktikum panel surya pada mata kuliah Dasar energi Listrik berdasarkanuji validitas dan taanggapan responden.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Trainer, Karakteristrik V-I Panel Surya, Dasar Energi Listrik.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Hasril Hasril
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:04
Last Modified: 14 Feb 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26813

Actions (login required)

View Item
View Item