Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTS Secara Daring Selama Masa Covid–19

Cut Siti Maghfirah, 160205068 (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTS Secara Daring Selama Masa Covid–19. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTS Secara Daring Selama Masa Covid–19] Text (Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTS Secara Daring Selama Masa Covid–19)
Cut Siti Maghfirah, 160205068, FTK, PMA, 082311732133 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Pembelajaran matematika sangat penting karena dengan mempelajari matematika siswa dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Namun, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih sangat rendah. Maka, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP/MTs secara daring selama masa COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-4 SMPN 16 Banda Aceh yang terdiri dari 6 orang siswa, yaitu dua siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, dua siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang dan dua siswa dengan kemampuan pemecaham masalah kategori rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui soal tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Selanjutnya analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis kategori tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik dengan mampu memahami masalah, mampu merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah dan memberikan kesimpulan namun belum mampu memeriksa kembali pemecahan masalah yang digunakan. Kemudian siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis kategori sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang cukup baik dengan mampu memahami masalah, namun terkadang tidak mampu merencanakan dan melaksanakan pemecahan masalah apalagi memberikan kesimpulan dan memeriksa kembali pemecahan masalah yang digunakan. Dan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis kategori rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang kurang baik. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis kategori rendah dapat mengidentifikasi masalah tetapi belum mampu menuliskan informasi-informasi dari masalah yang diberikan apalagi menerapkan strategi dalam melaksanakan pemecahan masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Siti Maghfirah
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:18
Last Modified: 14 Feb 2023 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26817

Actions (login required)

View Item
View Item