Kinerja Yayasan Panti Asuhan (Studi Deskriptif Analisis Pada Pengasuh dalam Memberi Bimbingan Islami di Panti Asuhan Putri Alkazem Aceh Besar)

Izzatul Islami, 150402051 (2023) Kinerja Yayasan Panti Asuhan (Studi Deskriptif Analisis Pada Pengasuh dalam Memberi Bimbingan Islami di Panti Asuhan Putri Alkazem Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kinerja Yayasan Panti Asuhan (Studi Deskriptif Analisis Pada Pengasuh dalam Memberi Bimbingan Islami di Panti Asuhan Putri Alkazem Aceh Besar)] Text (Kinerja Yayasan Panti Asuhan (Studi Deskriptif Analisis Pada Pengasuh dalam Memberi Bimbingan Islami di Panti Asuhan Putri Alkazem Aceh Besar))
Izzatul Islami, 150402051, FDK, BKI, 085373332185.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kinerja berupa hasil kerja karyawan secara kualitas dan kuantitas. Kinerja pegawai merupakan suatu kegiatan penting yang berguna sebagai tolak ukur keberhasilan dalam mencapai visi dan misi organisasi. Begitu juga dengan kinerja pengasuh pada panti asuhan Putri Al Kazem Aceh Besar. Penelitian memiliki tujuan mengetahui kualifikasi pengasuh dalam memberi bimbingan islami pada santri dalam aspek kelengkapan fasilitas untuk memberi bimbingan islami pada santri, sistem pendanaan dan pengelolaan di panti asuhan, dan capaian kerja pengasuh dalam memberi bimbingan islami. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 13 orang. Teknik pengambilan sample menggunakan snowball sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi, dan tehnik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualifikasi berbeda beda pengasuh tidak menjadi masalah selama pengasuh memahami bidang agama yaitu ibadah, aqidah, dan muamalah serta bidang pengasuhan yaitu kemampuan berkomunikasi yang baik, fasilitas bimbingan islami maih kurang berupa fasilitas fisik ruang belajar, mobil operasional dan gedung serba guna. Adapun fasilitas non fisik yang kurang berupa layanan internet. Sistem pendanaan pada panti asuhan masih kurang dapat dilihat dari sumber dana reguler dengan jumlah dana yang tidak mencukupi serta tidak diterima tepat waktu, dan dana non reguler yang tidak dapat diprediksi dari segi waktu dan jumlahnya. Capaian kerja pengasuh sudah baik dapat dilihat dari akademis layanan, santri mampu mencapai indikator keberhasilan, dan output santri dalam penerimaan masyarakat. Adapun saran dalam penelitian ini kepada pihak yayasan untuk memperhatikan fasilitas dan peningkatan dana dengan memperluas jaringan relasi atau membentuk dana mandiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Izzatul Islami
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:52
Last Modified: 15 Feb 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26822

Actions (login required)

View Item
View Item