Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Pada Materi Bentuk Molekul Di MAN 4 Aceh Besar

Ahda Salsabila Isirsa, 180208024 (2023) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Pada Materi Bentuk Molekul Di MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ahda Salsabila Isirsa, 180208024, FTK, PKM, 082275007346.pdf] Text
Ahda Salsabila Isirsa, 180208024, FTK, PKM, 082275007346.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Identifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep pada materi bentuk molekul sehingga terjadinya miskonsepsi. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi hasil belajar menggunakan tes diagnostik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi bentuk molekul yang diindentifikasi menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice di MAN 4 Aceh Besar. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 2 di MAN 4 Aceh Besar berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik three-tier multiple choice sebanyak 8 butir soal. Identifikasi ini dilakukan dengan pemberian tes dalam jangka waktu 60 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI MIA mengalami miskonsepsi sebesar 67,04 dengan kriteria tinggi. Miskonsepsi siswa pada indikator menentukan bentuk molekul suatu senyawa berdasarkan teori domain elektron sebesar 59%, menganalisis bentuk molekul berdasarkan jumlah pasangan elektron bebas (PEB) suatu senyawa sebesar 61,5%, meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori tolakan pasangan elektron kulit valensi (VSEPR) sebesar 70,5%, dan menganalisis sifat kepolaran berdasarkan bentuk molekul sebesar 77,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ahda Salsabila Isirsa
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:31
Last Modified: 15 Feb 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26826

Actions (login required)

View Item
View Item