Manajemen Pembelajaran Luring Method Di SD Negeri 19 Banda Aceh.

Mas Dedi, 160403046 (2023) Manajemen Pembelajaran Luring Method Di SD Negeri 19 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Manajemen Pembelajaran Luring Method  Di SD Negeri 19 Banda Aceh] Text (Manajemen Pembelajaran Luring Method Di SD Negeri 19 Banda Aceh)
Mas Dedi, 160403046, FDK, MD, 085373759303.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Manajemen Pembelajaran Luring Method di SD Negeri 19 Banda Aceh” adapun yang melatar belakangi skripsi ini adalah merebaknya Covid-19 di Indonesia telah membuat sistem pendidikan di Indonesia mengalami pergeseran, pergeseran tersebut kemudian merubah sistem pembelajaran yang semula belajar dilakukan dengan cara tatap muka tanpa adanya pembatasan akan tetapi kemudian berubah menjadi pembelajaran luring. Pembelajaran luring merupakan pembelajaran baru yang disarankan oleh Kemendikbud dengan cara tatap muka, oleh sebab itu dalam penerapannya masih banyak terjadi ketidaksesuaian dalam pelaksanaanya hal ini disebabkan kurikulum yang mengatur tentang pembelajaran luring belum dibuat dan masih menggunakan K-13, waktu pelaksanaan pembelajaran relative singkat, dan pelaksanaan metode pembelajaran masih menggunkan metode K-13 seperti inkuiri yang metode pembelajaran tersebut hanya bisa dilakukan pada pembelajaran dengan keadaan normal. Adapun penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui manajemen pembelajaran luring method di SD Negeri 19 Banda Aceh, 2) untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan pembelajaran luring method di SD Negeri 19 Banda Aceh. Kemudian jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran yang dilakukan di SD Negeri 19 Banda meliputi adanya perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pengorganisasian dilakukan dengan penetapan struktur sekolah, wali kelas murid, roster pembelajaran, media dan sumber belajar, pelaksanaan dilakukan dengan menguunkan shift (satu shift 30 menit) dengan tiga tahapan pembelajaran yaitu tahapan pra pembelajaran, tahapan pembelajaran, dan pasca pembelajaran, Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah setiap 2-3 bulan dengan melihat proses perencananaan, pelaksanaan dan penilaian sementara pengawasan yang dilakukan oleh guru terhadap murid dengan melihat pada evaluasi pembelajaran dan hasil belajara siswa. Untuk kelebihan dari pembelajaran luring method yaitu adanya proses interaksi dalam pembelajaran dan kekurangan pembelajaran luring method yaitu waktu pembelajaran yang sangat singkat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, luring method
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Mas Dedi
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:55
Last Modified: 15 Feb 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26830

Actions (login required)

View Item
View Item