Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Tasref Fiil Mudharek

Adinda Alisia, 180202069 (2023) Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Tasref Fiil Mudharek. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Tasref Fiil Mudharek] Text (Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Tasref Fiil Mudharek)
Adinda Alisia, 180202069, FTK, PBA, 085373542995.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Model pembelajaran Make a Match adalah suatu model pembelajaran yang dilakukan dengan mencari pasangan melalui kartu-kartu. Dimana kartu tersebut berisi kartu pertanyaan dan kartu yang berisi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, masalah yang peneliti temukan di sekolah MTsN 2 Banda Aceh adalah siswa kurang memahami bahasa arab khususnya pada pembelajaran tasrif sehingga mareka menganggap tasrif itu sulit dan guru menggunakan metode pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, peneliti mengangkat judul ini untuk mencoba menerapkan model pembelajaran yang berbeda dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam tasrif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa dalam penerapan model Make a Match dan untuk mengetahui pengaruh dan hasil Make a Match dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan tasrif fiil mudharik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 2 Banda Aceh dengan jumlah siswa 668 dan sampelnya adalah kelas (VIII/2) yang berjumlah 31 siswa. Metode penelitiannya menggunakan eksperimen dengan desain one grup pretes postes design dan untuk pengumpulan datanya menggunakan pre-tes dan post-tes serta lembar observasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa Ha diterima dan H0 di tolak yang buktinya dapat dilihat dengan hasil t-Tes (15,795) dan tingkat signifikasi (sig. 2-Tailed) (0,000>0,05) dan penerapan model Make a Match dalam proses belajar tasrif mendapatkan respon positif dari siswa dan guru berdasarkan lembar observasi dengan hasil 90%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Adinda Alisia
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:53
Last Modified: 15 Feb 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26831

Actions (login required)

View Item
View Item