Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 39 Aceh Besar

Maytri Andini, 180209005 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 39 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 39 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 39 Aceh Besar)
Maytri Andini, 180209005, FTK, PGMI, 081375167006.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV/b di MIN 39 Aceh Besar dalam pembelajaran tematik masih rendah. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran yang kurang memancing keaktifan siswa sehingga siswa cepat merasa bosan dan jenuh. Jika siswa kurang aktif dalam pembelajaran akan berdampak pada kualitas pembelajaran. Pembelajaran yang memiliki kualitas baik akan menghasilkan hasil belajar yang baik pula. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran index card match. Kualitas pembelajaran yang dimaksud adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Tema yang diambil dalam penelitian ini adalah Berbagai Pekerjaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran index card match. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru saat siklus I memperoleh persentase sebesar 76,13% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,36%. Aktivitas siswa saat siklus I memperoleh persentase sebesar 70,45% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,23%. Hasil belajar siswa saat siklus I sebanyak 12 orang tuntas dengan persentase 46,15 dan 14 orang belum tuntas dengan persentase 53,85%. Hasil belajar siswa meningkat saat siklus II yaitu menjadi 22 orang tuntas dengan persentase 84,61% dan 4 orang belum tuntas dengan persentase 15,39%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran index card match yang telah diterapkan dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maytri Andini
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:03
Last Modified: 15 Feb 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26839

Actions (login required)

View Item
View Item