Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Flow Akademik Pada Siswa SMAN 8 Banda Aceh

Nur Azizah, 170901070 (2022) Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Flow Akademik Pada Siswa SMAN 8 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Flow Akademik Pada Siswa SMAN 8 Banda Aceh] Text (Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Flow Akademik Pada Siswa SMAN 8 Banda Aceh)
Nur Azizah, 170901070, FPSI, PSI (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Flow akademik penting bagi siswa untuk fokus dan berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas meskipun terdapat banyak tantangan. Flow memiliki dampak positif terhadap performa belajar. Faktor yang mempengaruhi flow akademik salah satunya adalah self regulated learning. Self regulated learning merupakan tingkatan keaktifan baik motivasi, metakognitif, maupun perilaku siswa dalam belajar. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penelian adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan mengggunakan metode korelasional rank spearman yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan flow akademik pada siswa SMAN 8 Banda Aceh. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa SMAN 8 Banda Aceh dengan menggunakan metode ptoportionate random sampling sehingga jumlah sampel berjumlah 233 siswa SMAN 8 Banda Aceh. Alat ukur dalam penelitian ini merujuk pada teori dan aspek flow akademik oleh Csikszentmihalyi dan self regulated learning oleh Zimmerman. Hasil penelitian ini menunjukkan signifikansi (p=0,000). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara self regulated learning dengan flow akademik, artinya semakin tinggi self regulated learning pada siswa maka semakin tinggi flow akademik yang dimiliki siswa, sebaliknya semakin rendah self regulated learning yang dimiliki siswa maka semakin rendah pula flow akademik yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nur Azizah Azizah
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:12
Last Modified: 16 Feb 2023 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26853

Actions (login required)

View Item
View Item