Perancangan Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam Terhadap Keefektifan Siswa/I Dalam Menghafal Doa Sehari-Hari.

Nurhalim Habibie, 170212086 (2023) Perancangan Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam Terhadap Keefektifan Siswa/I Dalam Menghafal Doa Sehari-Hari. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam Terhadap Keefektifan Siswa/I Dalam Menghafal Doa Sehari-Hari] Text (Perancangan Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam Terhadap Keefektifan Siswa/I Dalam Menghafal Doa Sehari-Hari)
Nurhalim Habibie, 170212086, FTK, PTI, 082273040069.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Game edukasi ialah salah satu tipe permainan yang bukan cuma mengasyikkan namun pula memiliki ilmu yang diberikan kepada penggunanya. Permainan edukasi bisa juga menjadi media pembelajaran yang digunakan selaku media pendidikan. Berdasarkan dari hal tersebut, terdapat peluang penggunaan aplikasi pada teknologi gadget interaktif yang beredukasi. Sasaran yang dituju adalah anak-anak beragama Islam. Karena di Indonesia mayoritas masyarakatnya beragama islam, Aplikasi ini berisi kumpulan doa sehari-hari yang mampu menjadi acuan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini ditujukan kepada anak yang ingin belajar doa sehari-hari menggunakan media aplikasi pada gadgetnya. Dengan rumusan masalah: 1). Bagaimana merancang aplikasi yang dapat berinteraktif dengan penggunanya tentang doa sehari-hari berbasis android 2). Bagaimana keefektifan aplikasi yang dirancang terhadap anak dalam menghafal doa sehari-hari. Dalam riset ini metode penelitian yang digunakan merupakan metode Research and Development (R&D). Jenis riset ini bertujuan buat mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Metode penelitian dan pengembangan ialah metode riset guna menciptakan produk tertentu serta menguji keefektifannya. Untuk dapat menciptakan produk tertentu, peneliti menggunakan riset yang merupakan analisis kebutuhan serta menguji efektivitas produk agar dapat bekerja di khalayak luas, sehingga dibutuhkan riset buat menguji efektivitas produk tersebut. Hasil penelitian penggunaan game edukasi ini berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi dengan kriteria sangat valid dengan presentase ahli media 100% dan ahli materi 100%. Kemudian hasil dari uji coba kelayakan game edukasi pada siswa/i MTsN 1 Banda Aceh dengan kriteria sangat baik dengan presentase 93%. Kemudian untuk respon dari siswa/i terhadap Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam mendapatkan respon yang sangat baik. Rata-rata siswa/i setuju dengan adanya Aplikasi Game Edukasi ini bahkan terdapat antusias dari mereka untuk belajar membuat game itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Teknologi, Game Edukasi, Doa Harian, Android, Waterfall
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Nurhalim Habibie
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:09
Last Modified: 16 Feb 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26856

Actions (login required)

View Item
View Item