Dayah Information Technology (It) Aceh (Hybrid Architecture Approach).

Ulfiatun Risma, 180701109 (2023) Dayah Information Technology (It) Aceh (Hybrid Architecture Approach). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dayah  Information Technology (It) Aceh  (Hybrid Architecture Approach)] Text (Dayah Information Technology (It) Aceh (Hybrid Architecture Approach))
Ulfiatun Risma, 180701109, FST, SA, 081316295813.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Dayah merupakan lembaga pendidikan Agama Islam yang terkenal di bumi Aceh. Bagi budaya masyarakat Aceh, pendidikan Agama Islam terbaik adalah pendidikan di Dayah yang dibimbing oleh Ulama’/Kyai/Teungku melalui pendalaman Ilmu Kitab dan Al-Qur’an. Pendidikan di Dayah merupakan salah satu cara dalam memperoleh bekal amalan baik di Hari Akhirat kelak. Namun terlepas dari itu, manusia hidup didunia membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Peluang pekerjaan yang terbesar di era globalisasi ini adalah dibidang Ilmu Teknologi. Oleh karena itu, bagi santri yang kehidupannya fokus mencari bekal akhirat menjadi saingan berat dengan perkembangan kehidupan dunia zaman ini. Sehingga diperlukan integrasi antara Ilmu Akhirat dan skill Teknologi agar mampu mencetak generasi taat beribadah dan mampu bersaing di era globalisasi yang penuh dengan kemajuan teknologi ini. Dalam hal ini, tujuan perancangan Dayah Information Technology (IT) ini adalah untuk menentukan fasilitas yang akan disediakan berdasarkan analisa kebutuhan pengguna dengan tujuan mengintegrasikan Ilmu Pendidikan Agama dan Skill Teknologi didalam suatu lembaga kedayahan. Konsep perancangan yang akan diterapkan yaitu Pendekatan Arsitektur Hybrid sebagai penggabungan dua pendekatan yang berbeda sehingga menghasilkan pendekatan baru, sama halnya dengan tujuan dari perancangan Dayah Information Technology (IT) itu sendiri yang menggabungkan dua bidang ilmu yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dayah, Pendidikan Agama Islam, Skill Teknologi, Arsitektur Hybrid
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Ulfiatun Risma Risma
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:13
Last Modified: 16 Feb 2023 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26858

Actions (login required)

View Item
View Item