Penerapan Model Kooperatif Think-Talk-Write pada Materi Sudut terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII MTsN Model Banda Aceh

Zuhra Hannah, 261121455 (2016) Penerapan Model Kooperatif Think-Talk-Write pada Materi Sudut terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII MTsN Model Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Kemampuan Berfikir Kritis]
Preview
Text (Mengenai tentang Kemampuan Berfikir Kritis)
ZUHRA HANNAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview
[thumbnail of fom b dan d.pdf]
Preview
Text
fom b dan d.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis marupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh peserta didik dalam mempelajari matematika karena kemampuan berpikir kritis matematis merupakan tujuan dari pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis terhadap siswa karena pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru yang menyebabkan pembelajaran matematika tidak memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa. Upaya yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write. Model ini merupakan model pembelajaran yang membangun pemikiran untuk menciptakan ide, mengungkapkan ide dan berbagi ide dengan temannya, serta menulis hasil pemikirannya tersebut dalam proses belajar. Pertanyaan peneliti dalam skripsi ini adalah apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sudut yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write lebih baik dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran langsung di kelas VII MTsN Model Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi sudut dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write kelas di VII MTsN Model Banda Aceh. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga terpilih kelas eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Data kemampuan berpikir kritis matematis siswa dianalisis menggunakan uji-t dan statistik deskriptif dengan skor rata-rata tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hafriani, M.Pd; 2. Yassir, S.Pd.I., S.T., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Think-Talk-Write,Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Zuhra Hannah
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:31
Last Modified: 01 Mar 2018 08:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2686

Actions (login required)

View Item
View Item