Pengembangan Modul Fisika Berbasis Student Team Achievement Division Tingkat SMA/MA

Rabiatul Aslamiah, 180204059 (2023) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Student Team Achievement Division Tingkat SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Rabiatul Aslamiah, 180204059, FTK, PFS, 085215909001.pdf] Text
Rabiatul Aslamiah, 180204059, FTK, PFS, 085215909001.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini adalah bertujuan untuk mendesain modul fisika berbasis student team achievement division (STAD) tingkat SMA/MA untuk mengetahui kelayakan modul fisika berbasis student team achievement division tingkat SMA/MA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Model ADDIE memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (Development), tahap penerapan (Implementasi) dan tahap terakhir yaitu tahap evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli yang terdiri dari tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli agama. (1) Desain modul fisika berbasis student team achievement division (STAD) tingkat SMA/MA pada materi gelombang bunyi dilengkapi dengan materi, gerbang keilmuan mencakup ayat Al-Qur’an dan maknanya, tugas kelompok berupa eksplorasi, uji kompetensi berbasis UNBK, gambar dan ilustrasi yang menarik perhatian peserta didik. (2) Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 93,64%, validasi ahli media sebesar 87,5%, dan validasi ahli agama sebesar 79% sehingga diperoleh hasil persentase keseluruhan kelayakan pengembangan modul fisika berbasis student team achievement division sebesar 86,7% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis student team achievement division tingkat SMA/MA sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rabiatul Aslamiah
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:29
Last Modified: 16 Feb 2023 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26860

Actions (login required)

View Item
View Item