Implementasi Peraturan Wali Kota Banda Aceh Nomor 111 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Banda Aceh (Studi Kasus Pada Swalayan Di Kecamatan Syiah Kuala).

Muzzammil, 160106067 (2023) Implementasi Peraturan Wali Kota Banda Aceh Nomor 111 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Banda Aceh (Studi Kasus Pada Swalayan Di Kecamatan Syiah Kuala). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Peraturan Wali Kota Banda Aceh Nomor 111 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Banda Aceh Studi Kasus Pada Swalayan Di Kecamatan Syiah Kuala] Text (Implementasi Peraturan Wali Kota Banda Aceh Nomor 111 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Banda Aceh Studi Kasus Pada Swalayan Di Kecamatan Syiah Kuala)
Muzzammil, 160106067, FSH, IH, 082255417870.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pencemaran lingkungan di Kota Banda Aceh yang diakibatkan oleh sampah plastik kurang dicermati oleh masyarakat, bahkan sebagian masyarakat menggunakan kantorng plastik secara berlebihan, terutama dari kalangan usaha swalayan untuk dipergunakan kebutuhan pelanggannya. Oleh karena itu, pemerintah Kota Banda Aceh menetapkan Peraturan Wali Kota Banda Aceh Nomor 111 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan Perwal Nomor 111 Tahun 2020 terhadap pembatasan penggunaan kantong plastik pada swalayan di kota Banda Aceh dan penegakan hukum terhadap swalayan yang tidak melakukan pembatasan pemakaian kantong plastik di Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian lapangan (field researh atau yuridis empiris) dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianilisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Perwal Nomor 111 Tahun 2020 terhadap Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik pada swalayan di Kota Banda Aceh, dilakukan dengan pembinaan, pengawasan, meminta para pelaku usaha untuk menyediakan kantong belanja yang ramah lingkungan, menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar serta melaksanakan program hari berbelanja tanpa kantong plastik satu hari dalam sepekan serta melakukan sosialisasi hari tanpa kantong plastik. Penegakan hukum terhadap swalayan yang tidak melakukan pembatasan penggunaan kantong plastik di Kota Banda Aceh masih berupa teguran lisan dan tertulis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: implementasi peraturan, pembatasan, kantong plastik
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Muzzammil Muzzammil
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:43
Last Modified: 16 Feb 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26861

Actions (login required)

View Item
View Item