Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Petani Padi (Studi Pada Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan).

Irsyad Shadri, 150604154 (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Petani Padi (Studi Pada Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Petani Padi  (Studi Pada Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan)] Text (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Petani Padi (Studi Pada Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan))
Irsyad Shadri, 150604154, FEBI, EI, 085275288714.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia, sehingga perlu perhatian yang lebih terhadap perkembangan sektor pertanian dan kesejahteraan kehidupan petani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan, pendidikan dan pengeluaran terhadap kesejahteraan petani padi di gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Aceh Selatan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendapatan berpengaruh terhadap kesejahteraan petani padi sedangkan pendidikan dan pengeluaran tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan petani padi. Hasil uji determinasi juga menunjukkan bahwa 39.8 persen kesejahteraan petani dalam penelitian ini dipengaruhi oleh variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, pendidikan, pengeluaran, kesejahteraan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Irsyad Shadri
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:53
Last Modified: 16 Feb 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26867

Actions (login required)

View Item
View Item