Interaksi Menwa Dengan Pimpinan Di Kampus UIN Ar-Raniry

Momon Aruronta, 170305007 (2023) Interaksi Menwa Dengan Pimpinan Di Kampus UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Interaksi Menwa Dengan Pimpinan Di Kampus UIN Ar-Raniry] Text (Interaksi Menwa Dengan Pimpinan Di Kampus UIN Ar-Raniry)
Momon Aruronta, 170305007, FUF, SA, 082274840959.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Resimen mahasiswa merupakan salah satu organisasi di dalam Perguruan Tinggi denga tugas pokonya adalah mengamankan kampus dan aset-aset negara yang didalam kampus. Resimen Mahasiswa (Menwa) juga sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan potensinya dalam rangka mewujudkan hak dan kewajibannya dalam melaksanakan bela negara yang berdasarkan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Hankamrata) untuk membantu TNI selaku komponen utama dalam meningkatkan pertahanan sipil. Sebagai sebuah organisasi maka Resimen Mahasiswa mempunyai interaksi intenal organisasi maupun external dengan beberapa unsur di dalam Perguruan Tinggi. Hal ini juga terjadi UIN Ar-Raniry, dimana interaksi tersebut terjalin. Penelitian berfokus pada interaksi Resimen Mahasiswa denganm unsur pimpinan yang ada di lingkungan UIN Ar-raniry. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi menwa dengan pimpinan kampus UIN Ar-raniry adalah interaksi sosial dalam lingkungan dan kelompok maupun dalam satu organisasi baik diluar maupun didalam, supaya selalu terjalinya suatu ikatan persaudaraan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Momon Aruronta
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:53
Last Modified: 16 Feb 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26871

Actions (login required)

View Item
View Item