Pengaruh Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Degradasi Moral Siswa di SMPN 14 Banda Aceh

Rini Yulita, 170213088 (2022) Pengaruh Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Degradasi Moral Siswa di SMPN 14 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Degradasi Moral Siswa di SMPN 14 Banda Aceh] Text (Pengaruh Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Degradasi Moral Siswa di SMPN 14 Banda Aceh)
Rini Yulita, 170213088, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Siswa yang mengalami degradasi atau penurunan moral dengan menunjukkan perilaku seperti sering terjadi perkelahian antar siswa, banyaknya siswa yang berkata tidak jujur, siswa yang tidak mengindahkan perintah guru, berkata-kata kasar, tidak menghargai guru, terjadinya kekerasan yaitu perkelahian di kalangan pelajar dan kurang rasa hormat terhadap orang tua dan guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok untuk mengurangi degradasi Moral Siswa di SMPN 14 Banda Aceh. Untuk mengetahui hambatan dalam pengaruh konseling kelompok untuk mengurangi degradasi Moral Siswa di SMPN 14 Banda Aceh. Penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini 10 orang yang terdiri dari guru Bimbingan Konseling 1 orang, Guru 2 orang dan 7 siswa. Teknik pengumpulan data yang meliputi; Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian di peroleh bahwa Pengaruh konseling kelompok untuk mengurangi degradasi Moral dimana konseling kelompok yang diberikan oleh guru sangat berpengaruh terhadap degradasi moral siswa, karena penerapan konseling kelompok ini salah satu metode atau cara agar siswa bisa kembali ke jalan yang benar. Dalam konseling kelompok tentu saja adanya interaksi baik sesama siswa maupun dengan guru, sehingga mereka mendapatkan informasi, pembinaan dan infromasi, serta dalam konseling kelompok adanya pergaulan yang sehat dan adanya interaksi yang korelatif dan sosialisasi sesama anggota kelompok. Hambatan dalam pengaruh konseling kelompok untuk mengurangi degradasi Moral Siswa di SMPN 14 Banda Aceh adalah siswa tidak menceritakan kepada guru Bimbingan dan Konseling apa yang sebenarnya terjadi atau penyebab mengapa melakukan hal tersebut, ditambah lagi orang tua siswa yang tidak kooperatif ketika di panggil datang ke sekolah, dikarenakan sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berjumpa guru Bimbingan dan Konseling sehingga membuat guru Bimbingan dan Konseling merasa emosi dan kesal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Rini Yulita Rini
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:59
Last Modified: 16 Feb 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26872

Actions (login required)

View Item
View Item