Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Pembinaan Pedagang Kaki Lima (PKL) (Analalisis Implementasi Qanun Kota Banda Aceh Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Peraturan Dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima)

Ikhlasul Amal, 170801007 (2022) Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Pembinaan Pedagang Kaki Lima (PKL) (Analalisis Implementasi Qanun Kota Banda Aceh Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Peraturan Dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penertiban] Text (Penertiban)
Ikhlasul Amal, 170801007, FISIP, IP, 082211321401.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) merupakan suatu fenomena kegiatan perekonomian rakyat kecil di kota-kota besar maupun kota kecil. Akhir- akhir ini, fenomena penggusuran terhadap para PKL marak terjadi seperti penggusuran PKL di depan Masjid Raya Baiturrahman pada akhir tahun 2021 dan baru-baru ini di depan Fakultas pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh tepatnya pada tanggal 15 Maret 2022 dan setelah itu dipasangkan himbauan larangan berjualan di sana. Para PKL digusur oleh aparat pemerintah seolah-olah mereka tidak memiliki hak asasi manusia dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya. Penelitian menggunakan metode kualitatif, penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok Penelitian Kualitatif adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok.Tujuan penelitiann ini adalah untuk menjelaskan dampak yang dirasakan oleh PKL dengan adanya Qanun Kota Banda Aceh Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Peraturan dan Pembinaan Pedangan Kaki Lima dan menjelaskan faktor penyebab terhambat kinerja pemerintah Kota Banda Aceh dalam penegakan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Peraturan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada dasarnya alasan memilih menjadi seorang PKL yaitu dilator belakangi oleh faktor ekonomi dan pendidikan.Implementasi kebijakan mengenai PKL di Kota Banda Aceh yaitu pemerintah melakukan berbagai upaya dalam mengimplementasikannya yaitu sosialisi, penertiban dan relokasi. Dan dalam pembuatan suatu regulasi kebijakan seharusnya pemerintah harus meninjau ke akar-akarnya apakah suatu kebijakan relevan dengan segala aspek yang terjadi lapangan, dalam hal ini pemerintah tidak hanya fokus terhadap penertiban namun tidak memberikan alternatif lain terhadap PKL yang digusur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Ikhlasul Amal Amal
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:02
Last Modified: 16 Feb 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26874

Actions (login required)

View Item
View Item