Simulasi Erosi dan Sedimentasi DAS Krueng Aceh (Sub DAS Krueng Khea) Menggunakan Model SWAT (Soil and Water Assessment Tool)

Ade Syawal Nurfitri, 170702124 (2022) Simulasi Erosi dan Sedimentasi DAS Krueng Aceh (Sub DAS Krueng Khea) Menggunakan Model SWAT (Soil and Water Assessment Tool). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Simulasi Erosi dan Sedimentasi DAS Krueng Aceh] Text (Simulasi Erosi dan Sedimentasi DAS Krueng Aceh)
Ade Syawal Nurfitri, 170702124, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Bedasarkan penelitian yang pernah dilakukan, kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh mengalami kerusakan akibat dari perubahan tata guna lahan di daerah hulu dan mengakibatkan terjadinya longsor dan banjir di daerah hilir yang berkaitan erat dengan perubahan tata guna lahan pada bagian hulu tersebut. DAS Krueng Aceh dengan didalamnya terdapat DAS Krueng Khea ditetapkan sebagai DAS prioritas I untuk dilakukan upaya penanganan. Oleh karena itu, dilakukan pemodelan tata kelola DAS pada penelitian ini untuk mengetahui laju erosi dan sedimentasi di Sub DAS Krueng Khea. Model Soil and Water Assessment Tool (SWAT) merupakan model yang efektif dan efesien untuk digunakan dalam mengevaluasi tata kelola suatu Daerah Aliran Sungai (DAS) dibandingkan model lainnya. Laju erosi dan sedimentasi tertinggi pada Sub DAS Krueng Khea terjadi pada bagian hilir dengan kehilangan tanah 60-480 (ton/ha/tahun). Jenis penutupan lahan pada bagian hilir didominasi lahan pertanian dan perkebunan. Laju erosi dan sedimentasi yang tinggi dikarenakan pengelolaan tanaman dan konservasi yang terjadi sangat buruk. Perlu dilakukan pengelolaan dan konservasi penggunaan lahan agar mampu meminimalisir terjadinya erosi dan sedimentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ade Syawal Nurfitri Ade
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:06
Last Modified: 16 Feb 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26876

Actions (login required)

View Item
View Item