Konsep Pembinaan Karakter Anak Menurut Abdul Malik Fadjar

Muhammad Saddam, 29173540 (2022) Konsep Pembinaan Karakter Anak Menurut Abdul Malik Fadjar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konsep Pembinaan Karakter Anak Menurut Abdul Malik Fadjar] Text (Konsep Pembinaan Karakter Anak Menurut Abdul Malik Fadjar)
Muhammad Saddam, 29173540.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Abdul Malik Fadjar merupakan salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang banyak memberikan jasa dan pemikirannya dalam pendidikan Islam dan pendidikan karakter. Selain sebagai pelaksana pendidikan, Malik Fadjar juga sebagai pengambil kebijakan dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran-pemikiran Abdul Malik Fadjar terhadap pembinaan karakter anak, untuk menelusuri kebijakan Abdul Malik Fadjar dalam bidang pembinaan karakter, dan untuk mengetahui strategi penerapan pemikiran Abdul Malik Fadjar dalam pembinaan karakter anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode content analisis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter menurut Malik adalah dua dimensi hidup manusia yang harus dilakukan dengan baik, yaitu dimensi Ketuhanan (dengan nilai-nilai Islam, iman, ihsan dan taqwa), dan dimensi Kemanusiaan (dengan nilai-nilai silaturrahmi, persaudaraan, persamaan dan berbaik sangka). Metode pembinaan karakter menurut Malik adalah metode keteladanan, pembiasaan dan metode dakwah. Pemikiran Malik bercorak modernis-agamis dan menurut aliran filsafat pendidikan termasuk dalam aliran Progresivisme- rekonstruksionisme. Strategi penerapan pemikiran Malik Fadjar dalam pembinaan karakter adalah dengan memberlakukan jam tambahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah. Kebijakan yang pernah Malik Fadjar lakukan yaitu: mengintegrasikan antara agama dan disiplin ilmu lainnya, merevisi kurikulum CBSA menjadi KBK, menghapus Ebtanas pada jenjang SD/MI dan merevisi UU Sistem Pendidikan menjadi UU Sisdiknas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Saddam Saddam
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:47
Last Modified: 16 Feb 2023 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26881

Actions (login required)

View Item
View Item