Pengaruh Literasi Keuangan Religiusitas dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry dan FEB USK Banda Aceh)

Maya Elisa, 190602163 (2022) Pengaruh Literasi Keuangan Religiusitas dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry dan FEB USK Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Literasi Keuangan] Text (Literasi Keuangan)
Maya Elisa, 190602163, FEBI, ES, 085213247853.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan zaman ditandai dengan munculnya teknologi yang berkembang pesat, yang mengarah pada peningkatan taraf hidup masyarakat dan tingginya tingkat pendapatan berdampak pada pola perilaku konsumsi yang saat ini telah bergeser dari pemuasan pemenuhan kebutuhan dasar yang sederhana menjadi berkembangnya kebutuhan hidup seperti kebutuhan sekunder, tersier atau bahkan pelengkap. Perilaku konsumsi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti literasi keuangan, kontrol diri, dan religiusitas seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh literasi keuangan, religiusitas, dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry dan FEB USK. Data penelitian ini menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Analisi Regresi Linear Berganda, dan pengujian hipotesis uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial literasi keuangan dan religiusitas berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif, sedangkan kontrol diri tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan menunjukkan hasil literasi keuangan, religiusitas, dan kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry dan FEB USK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Maya Elisa Maya
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:22
Last Modified: 17 Feb 2023 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26883

Actions (login required)

View Item
View Item