Analisis Strategi Guru Dalam Mempersiapkan Siswa Kelas V Dalam Mengikuti Ujian AKM Di SD Negeri 4 Banda Aceh

Kartina, 190209063 (2023) Analisis Strategi Guru Dalam Mempersiapkan Siswa Kelas V Dalam Mengikuti Ujian AKM Di SD Negeri 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kartina, 190209063, FTK, PGMI, 082267020874.pdf] Text
Kartina, 190209063, FTK, PGMI, 082267020874.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur kemampuan minimal agar berkembangnya penalaran dengan sistem uji berstandar Internasional sehingga menjadi kreatif dan inovatif sesuai abad XXII. Selanjutnya, menuntut guru di Sekolah Dasar Negeri 4 Banda Aceh untuk mempunyai berbagai strategi agar hasil maksimal dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru kelas dalam mempersiapkan AKM, mengetahui peran guru kelas dan dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat persiapan pelaksanaan AKM di Sekolah Dasar Negeri 4 Banda Aceh.
Populasi dalam penelitian ini 2 guru kelas dengan pengumpulan data melaui wawacara dan dokumentasi. Maka, hasil penelitiannya guru SD Negeri 4 Banda Aceh dalam mempersiapkan AKM dengan adanya soal dari modul. Adanya buku AKM dan pembahasan, dukungan media pembelajaran serta adanya tips dan trik dalam pembahasan soal-soal, tersedianya berbagai buku dipojok literasi di setiap kelas dan sering berlatih soal dari berbagai sumber buku dan bacaan berbentuk cerita serta penyesuaian semua materi pelajaran pada dengan materi yang akan diujiankan serta penyesuaian pembelajaran dengan karakteristik siswa sesuai evaluasi rapor laporan pendidikan dengan peran guru menyediakan berbagai fasilitas sarana dan prasarana dengan program dukungan pelaksanaan dan latihan pengerjaan dengan metode yang mendukung dengan faktor pendukung tersedianya prasarana dan fasilitas dan yang menghambat kebiasaan literasi belum menjadi prioritas, lingkungan tidak mendukung dan bahan ajar yang mengintegrasikan antara pengetahuan dengan materi ujian AKM masih kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kartina Kartina
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:27
Last Modified: 17 Feb 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26887

Actions (login required)

View Item
View Item