Sikap Masyarakat Dalam Menanggapi Isu Corona Virus Disease 2019 Di Media Sosial (Studi : Masyarakat Gampong Lampanah Kec. Indrapuri, Kab. Aceh Besar)

Nanda Fitriana, 170401054 (2023) Sikap Masyarakat Dalam Menanggapi Isu Corona Virus Disease 2019 Di Media Sosial (Studi : Masyarakat Gampong Lampanah Kec. Indrapuri, Kab. Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Sikap Masyarakat Dalam Menanggapi Isu Corona Virus Disease 2019 Di Media Sosial (Studi : Masyarakat Gampong Lampanah Kec. Indrapuri, Kab. Aceh Besar)] Text (Sikap Masyarakat Dalam Menanggapi Isu Corona Virus Disease 2019 Di Media Sosial (Studi : Masyarakat Gampong Lampanah Kec. Indrapuri, Kab. Aceh Besar))
Nanda Fitriana, 170401054, FDK, KPI, 082360741317.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pada awal tahun 2020 dunia digemparkan dengan pandemi Covid-19 yang mewabah hampir diseluruh dunia termasuk negara Indonesia. Banyak isu-isu yang kemudian tersebar di media sosial tentang wabah virus tersebut. Banyaknya orang yang mengakses informasi tentang virus Covid-19 dari media sosial menjadikan media semakin tidak terkendali kebenaran akan sebuah informasi yang disajikannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sikap masyarakat terhadap isu Covid-19 di media sosial dan juga pengetahuan masyarakat gampong Lampanah Tunong terhadap etika komunikasi Isalam dalam menerima dan menyabarkan informasi di media sosial, karena pada gampong Lampanah sebagaian masyarakatnya masih kurang dalam mengerti tentang kebenaran suatu informasi yang didapatkan dari media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Kemudian data akan dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Penelitian ini menggunakan Theory Of Attitude And Behavior yang dikembangkan oleh Harry. C Triandis. Teknis pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari penelitian ini, sebagian masyarakat masih kurang memahami prinsip-prinsip dalam menyebarkan dan menerima suatu informasi dengan benar sesuai dengan etika komunikasi Islam, namun tidak semua masyarakat yang memiliki sikap demikian, ada sebagian masyarakat yang sudah paham dan mengerti dalam menacari tahu kebenaran berita yang didapatkannya yaitu dengan terlebih dahulu melakukan crosscheck (tabayyun)terhadap suatu informasi tersebut, sehingga terhindar dari informasi bohong atau hoax. Hal tersebut juga di latar belakangi oleh pendidikan dan lingkungan dari masing-masing individu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nanda Fitriana
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:31
Last Modified: 17 Feb 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26888

Actions (login required)

View Item
View Item