Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh)

Yulfa Virginia Sukma, 170404054 (2022) Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah  Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh)] Text (Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kota Banda Aceh))
Yulfa Virginia Sukma, 170404054, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Usaha Mikro kecil dan Menengah menjadi kekuatan ekonomi bagi suatu negara. Jumlah UMKM yang sangat besar memberikan kontribusi yang besar pula untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Banda Aceh serta upaya Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banda Aceh dalam mengembangkan UMKM di Banda Aceh. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Banda Aceh terus mengalami perkembangan dari tahun 2018 sampai tahun 2021 dengan jumlah total UMKM sebanyak 16.970 unit. Dalam upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat, Dinas Koperasi dan UKM Kota Banda Aceh telah mengadakan kegiatan pembinaan dan pelatihan seperti Pelatihan Manajemen usaha, Pelatihan Manajerial dan Pelatihan Pemasaran. Selamjutnya penyediaan sarana dan prasarana sebagai penunjang kemajuan UMKM seperti menyediakan sarana gratis bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan pelatihan dan pameran promosi produk yang telah difasilitasi oleh pemerintah. Dalam meningkatkan pemasaran produk, Dinas Koperasi dan UKM Kota Banda Aceh membantu dalam mempromosikan produk UMKM dengan cara mengadakan pameran atau bazar secara gratis bagi pengusaha UMKM Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yulfa Virginia Sukma Yulfa
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:47
Last Modified: 17 Feb 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26894

Actions (login required)

View Item
View Item