Pembacaan Samadiyah Dan Surah Yasin Setiap Malam Jum’at Di Pesantren Darussalam Gampong Blang Poroh Kabupaten Aceh Selatan.

Cut Saarah Nabila, 170303004 (2023) Pembacaan Samadiyah Dan Surah Yasin Setiap Malam Jum’at Di Pesantren Darussalam Gampong Blang Poroh Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembacaan Samadiyah Dan Surah Yasin Setiap Malam Jum’at Di Pesantren Darussalam Gampong Blang Poroh Kabupaten Aceh Selatan] Text (Pembacaan Samadiyah Dan Surah Yasin Setiap Malam Jum’at Di Pesantren Darussalam Gampong Blang Poroh Kabupaten Aceh Selatan)
Cut Sarah Nabila, 170303004, FUF, IAT, 087725700553.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan mengagumi beberapa surah dalam Alquran, yang bacaan surah tersebut dilakukan secara berulang-ulang dan ditransformasikan menjadi salah satu bagian dari suatu prosesi ritual keagamaan maupun adat istiadat. Salah satunya adalah tradisi pembacaan samadiyah dan Surah Yasin di Pesantren Darussalam Desa Blang Poroh, Kabupaten Aceh Selatan. Berdasarkan fenomena ini peneliti ingin mengkaji bagaimana latar belakang, pelaksanaan kegiatan dan makna pembacaan samadiyah dan Surah Yasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yang akan dituangkan dalam tulisan yang bersifat naratif. Pembacaan samadiyah dan Surah Yasin di Pesantren Darussalam dibaca setiap malam jum’at, yang dilatar belakangi oleh keutamaan dan fadhilah yang sangat besar pada pembacaan samadiyah dan Surah Yasin apabila dibaca pada malam jum’at. Pembacaan samadiyah dan Surah Yasin ini dibaca secara berjama’ah yang dipimpin langsung oleh Abuya Mawardi. Menurut para santri dan masyarakat, pembacaan samadiyah dan Surah Yasin ini memiliki makna tersendiri bagi pembaca, seperti diberikan ketenangan hati dan jiwa, diberikan solusi ketika ada masalah, dikabulkan segala hajat dan keinginan dan mengharapkan pahala dari Allah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembacaan, Samadiyah, Surah Yasin, Pesantren
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Cut Saarah Nabila
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:46
Last Modified: 17 Feb 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26895

Actions (login required)

View Item
View Item