Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di MIN 17 Aceh Tengah

MaulidaTiya. S, 180209024 (2023) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di MIN 17 Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di MIN 17 Aceh Tengah] Text (Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di MIN 17 Aceh Tengah)
Maulida Tiya. S, 180209024, FTK, PGMI, 082369551940.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Peneliti menemukan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MIN 17 Aceh Tengah, Kecamatan Ketol, masih sangat rendah. Pada saat membaca siswa hanya menyebutkan huruf pada kata yang dibacanya satu per satu, pelafalan dan intonasi dalam membaca belum tepat. Salah satu faktor rendahnya kemampuan membaca permulaan disebabkan oleh sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang berdampak positif terhadap hasil kemampuan belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di MIN 17 Aceh Tengah. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 MIN 17 Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design jenis One Group Pre-test-Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 1 yang berjumlah 16 orang. Pengumpulan data menggunakan tes lisan Pre-test dan Post-test, analisis data hasil kemampuan membaca permulaan dilakukan dengan uji statistik dengan taraf signifikan 0,05 dan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata Pre-test 50,312 dan Post-test 92,812. Sehingga analisis data menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di MIN 17 Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulida Tiya. S
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:48
Last Modified: 17 Feb 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26896

Actions (login required)

View Item
View Item