Pengaruh Popularitas Terhadap Kemenangan Pemilu Legislatif 2019 (Studi kasus: Pemenangan Abadi Ayus di Dapil IV Kab. Aceh Tengah)

Atahriansyah, 170801023 (2022) Pengaruh Popularitas Terhadap Kemenangan Pemilu Legislatif 2019 (Studi kasus: Pemenangan Abadi Ayus di Dapil IV Kab. Aceh Tengah). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Popularitas Terhadap Kemenangan Pemilu Legislatif 2019 ( Studi kasus: Pemenangan Abadi Ayus di Dapil IV Kab. Aceh Tengah )] Text (Pengaruh Popularitas Terhadap Kemenangan Pemilu Legislatif 2019 ( Studi kasus: Pemenangan Abadi Ayus di Dapil IV Kab. Aceh Tengah ))
SKRIPI SIAP SIDANG REVISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Popularitas Terhadap Kemenangan Pemilu Legislatif 2019 (Studi Kasus: Pemenangan Abadi Ayus Di Dapil IV Kab. Aceh Tengah) dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemenangan Abadi Ayus pada Pileg 2019 dan bagaimana popularitas memberi pengaruh terhadap kemenangan Abadi Ayus pada Pileg 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Abadi Ayus merupakan salah satu seniman Gayo dan tokoh masyarakat yang dikenal luas oleh masyarakat mulai dari kalangan muda sampai dewasa sekalipun di Aceh tengah sebagai penyanyi senior daerah. Berkat lewat lagu-lagunya menceritakan tentang budaya Gayo, cinta, alam dan filsafah Gayo, Yang menjadikan nama Abadi Ayus tidak asing lagi bagi masyarakat. Abadi ayus banyak berperan penting perkembangan terhadap budaya Gayo yang menginspirasi masyakat untuk melestarikan kebudayaan daerah. Abadi ayus yang terpilih dalam pemilu legislatif 2019 Dapil IV Kab. Aceh Tengah wilayah kecamatan meliputi, Bebesen, Bies, Kute Panang dengan alokasi 8 kursi. Ada beberapa faktor yang menentukan Abadi Ayus mendapatkan kemenangan dalam pencalonannya sebagai DPRK pada Pileg 2019 silam. Faktor pertama yakni kepopuleran yang dimilikinya membuat Abadi Ayus dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga menjadi bonus untuk Abadi Ayus, tanpa harus memperkenalkan diri masyarakat sudah kenal ini kaan sangat mengurangi biaya promosi yang biasa dilakukan oleh banyak calon kandidat lainnya. Kedua Komunikasi parasosial empatik yang didasari oleh empati Abadi Ayusterhadap masyarakat. Pola komunikasi parasosial yang dilakukan oleh pihak Abadi Ayus terbukti mampu menarik simpati dan empati masyarakat sekitar.Ketiga dukungan dari keluarga yang setia memberi semangat, dorongan serta motivasi mampu memenangkan Abadi Ayus pada pileg tersebut. Abadi Ayus menjadi perwakilan partai Hanura satu-satunya yang memenangkan Pileg 2019. Data menunjukkan bahwa pengaruh popularitas sangat berperan penting terhadap kemenangan Abadi Ayus Pada Pileg 2019. Dimana Abadi Ayus meraih 630 suara pada Pileg tersebut. Hal ini dikarenakan antusiasme masyarakat yang menggemari seni dan memilih Abadi Ayus dalam Pileg 2019. Dengan kepopuleran Abadi Ayus tersebut mampu mengantarkan Abadi Ayus ke kursi DPRK Kabupaten Aceh Tengah pada Dapil IV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Atahriansyah Atahriansyah
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:05
Last Modified: 17 Feb 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26905

Actions (login required)

View Item
View Item