Pemanfaatan Ampas Teh Kaskara Sebagai Adsorben Penyerap Logam Besi (Fe) Dengan Pendekatan Kinetika Isoterm Freundlich Dan Langmuir.

Irfan Akbar, 180702100 (2023) Pemanfaatan Ampas Teh Kaskara Sebagai Adsorben Penyerap Logam Besi (Fe) Dengan Pendekatan Kinetika Isoterm Freundlich Dan Langmuir. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemanfaatan Ampas Teh Kaskara Sebagai Adsorben Penyerap Logam Besi (Fe) Dengan Pendekatan Kinetika Isoterm Freundlich Dan Langmuir] Text (Pemanfaatan Ampas Teh Kaskara Sebagai Adsorben Penyerap Logam Besi (Fe) Dengan Pendekatan Kinetika Isoterm Freundlich Dan Langmuir)
IrfanAkbar, 180702100. FST, TL, 085261468525.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Limbah logam berat besi (Fe) pada drainase yang masuk ke perairan menimbulkan pencemaran terhadap air dan dapat terakumulasi pada makhluk hidup di dalamnya. Metode yang dapat digunakan untuk menurunkan konsentrasi logam besi (Fe) dalam air limbah diantaranya adalah pengendapan, penukar ion dengan menggunakan resin, filtrasi dan adsorpsi. Adsorpsi merupakan proses pengolahan air limbah dengan melewatkan suatu fluida pada suatu padatan sehingga zat-zat yang tidak diinginkan akan ditangkap oleh padatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas teh kaskara terhadap adsorpsi logam Fe yang terkandung didalam larutan dan menurunkan kadar logam Fe dan menganalisis konstanta isoterm dari adsorben teh kaskara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. dengan dua variabel yaitu variabel terikat dan varibel bebas. Variabel terikat yang terdiri dari adsorben sebesar 100 mesh dengan volume larutan 250 ml dan variabel bebas terdiri dari massa adsorben 5 mg, 7,5 mg, 10 mg, dan 12,5 mg. dengan waktu pengadukan yaitu 10 menit, 20 menit, dan 30 menit. Penurunan efektivitas adsorpsi tertinggi terjadi pada waktu pengadukan 30 menit dengan massa adsorben 5 mg dengan nilai 0,1015 dengan efesiensi penyerapan sebesar 1.0067%. dan pada masa adsorben 12,5 mg mengalami penurunan. Penurunan ini dikarenakan daya serap larutan besi (Fe) ini terjadi karena adanya proses desorpsi. Hal ini menunjukkan bahwa arang aktif ampas teh kaskara efektif dan efisien digunakan untuk penurunan limbah larutan logam berat besi (Fe) pada perairan yang terdapat di drainase atau air sungai.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Arang Aktif, Larutan Logam Besi (Fe), Kapasitas Adsorpsi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Irfan Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:57
Last Modified: 21 Feb 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26911

Actions (login required)

View Item
View Item