Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Penetapan PPKM Level 4 Sebagai Antisipasi Penyebaran Wabah Covid 19 (Studi Pendekatan Al-MaŞlaḥah)

Muhammad Raihan Alyahaifal, 180105069 (2022) Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Penetapan PPKM Level 4 Sebagai Antisipasi Penyebaran Wabah Covid 19 (Studi Pendekatan Al-MaŞlaḥah). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of 180105069,] Text (180105069,)
Muhammad Raihan Alyahaifal, 180105069, FSH, HTN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Adanya Covid-19 di Kota Banda Aceh membuat masyarakat gempar dan tidak tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari dikarenakan mewabahnya covid 19. Dalam melakukan pencegahan covid 19 pemerintah menerapkan PPKM Level 4, dalam penerapan PPKM tentunya memiliki dampak dalam kehidupan masyarakat. Didalam kaedah fikih menyatakan kebijakan seorang pemimpin dalam memimpin harus dilandasi dengan kemaslahatan, secara kasat mata adanya terjadi dampak yang tidak baik seperti dalam proses Pendidikan, pertumbuhan ekonomi, ibadah, dan pada kehidupan social lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijkan PPKM Level 4 pada masa pandemic Covid-19 di kota Banda Aceh, dan meninjau bagaimana efektifitas PPKM level 4 di kota Banda Aceh. Sehingga masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana penetapan kebijakan PPKM Level 4 yang dikeluarkan oleh Intruksi Dalam Negeri, Intruksi Geubernur Aceh, serta Intruksi Walikota Banda Aceh dalam pencegahan Covid 19 dari segi prinsip Al-MaŞlaḥah. Kedua, Bagaimana dampak kebijakan PPKM Level 4 terhadap pendidikan, ibadah, dan ekonomi dari segi prinsip Al-MaŞlaḥah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan mengumpulkan data menggunakan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pemerintah Kota Banda Aceh nyata dalam menjalankan kebijakan PPKM untuk kemaslahatan, dan cukup efektif dalam meminimalkan kegiatan masyarakat melalui kolaborasi antara masyrakat yang tertib sehingga hasil dari kolaborasi tersebut mampu menekan angka penularan covid-19 di Kota Banda Aceh. Kedua, pastinya ada hal positif dan negatifnya dari dampak yang terjadi dalam pendidikan, ekonomi, dan ibadah. Pemerintah melakukan himbauan penerapan 6M (memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan makan bersama), sehingga dapat menekan luasnya penyebaran covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Muhammad Raihan Alyahaifal Raihan
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:21
Last Modified: 20 Feb 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26913

Actions (login required)

View Item
View Item