Urgensi Layanan Konseling Islam Dalam Mengatasi Problem Fanatisme Penggemar K-Pop Pada Mahasiswa Semester Awal Jurusan Pkk Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.

Cut Nurul Annisa, 180402035 (2023) Urgensi Layanan Konseling Islam Dalam Mengatasi Problem Fanatisme Penggemar K-Pop Pada Mahasiswa Semester Awal Jurusan Pkk Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Urgensi Layanan Konseling Islam Dalam Mengatasi Problem Fanatisme Penggemar K-Pop Pada Mahasiswa Semester Awal Jurusan Pkk Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan] Text (Urgensi Layanan Konseling Islam Dalam Mengatasi Problem Fanatisme Penggemar K-Pop Pada Mahasiswa Semester Awal Jurusan Pkk Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan)
Cut Nurul Annisa, 180402035, FDK, BKI, 082340980118.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang disertai kemajuan teknologi menciptakan kemudahan dalam mengakses berbagai informasi di dunia, salah satunya dalam mengakses perkembangan kebudayaan luar seperti K-Pop. Kemudahan tersebut menjadikan penyebaran tentang K-Pop sangat cepat terlebih dikalangan anak muda masa kini tak terkecuali para mahasiswa. Peningkatan dari perkembangan K-Pop menimbulkan fenomena-fenomena baru dikalangan masyarakat yang menyebabkan penggemar K-Pop menjadi fanatik. Layanan konseling Islam sebagai salah satu metode yang dapat digunakan dalam mengatasi problem fanatisme penggemar K- Pop agar dapat menghilangkan dampak-dampak negatif yang timbul akibat sikap fanatik serta mampu untuk membedakan mana yang hak dan yang bathil dalam mengidolakan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk fanatisme penggemar K-Pop dan urgensi layanan konseling Islam dalam mengatasi problem fanatisme penggemar K-Pop pada mahasiswa semester awal Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi etnografi. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik purposive sampling, dengan pertimbangan dan kriteria tertentu yang dipilih oleh peneliti. Adapun Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 20 mahasiswa semester awal Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan bahwa pada bentuk Keterlibatan Internal tediri dari 8 mahasiswa, bentuk Keterlibatan Eksternal 2 mahasiswa, bentuk Keinginan untuk memperoleh 9 mahasiswa dan bentuk Interaksi Sosial 1 mahasiswa. Urgensi layanan Konseling Islam dalam mengatasi problem fanatisme penggemar K-Pop pada mahasiswa semester awal Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan sangat diperlukan sebagai salah satu metode dalam mengatsi problem fanatsime, dimana hal ini dapat dilakukan dengan teori-teori konseling Islam yang berlandaskan QS. An-Nahl [16]: 125 yaitu Al-Mau’izhah Al-Hasanah dan Mujaddalah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Islam, Fantisme, Mahasiswa Penggemar K-Pop
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Cut Nurul Annisa Nurul
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:20
Last Modified: 20 Feb 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26932

Actions (login required)

View Item
View Item