Penerapan Metode Iqra’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Di TPQ Baitusshalihin

Rizatul Raziah, 180201077 (2023) Penerapan Metode Iqra’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Di TPQ Baitusshalihin. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Rizatul Raziah, 180201077, FTK, PAI, 085365021602.pdf] Text
Rizatul Raziah, 180201077, FTK, PAI, 085365021602.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Membaca Al-Qur’an dengan benar merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. TPQ merupakan lembaga pendidikan Al-Qur’an yang bertujuan mengajarkan baca Al-Qur’an kepada anak-anak. Pengajaran Al-Qur’an akan lebih mudah bila diajarkan pada anak usia dini atau kanak-kanak. Saya melihat berbagai problematika yang terjadi saat proses belajar mengajar santri TPQ Baitusshalihin, di antaranya banyak santri yang membaca Iqra’ dan membaca Al-Qur’an kurang dari segi makharijul huruf, Ahkamul mad, dan hukum bacaan lainnya, sehingga menyebabkan kurangnya kualitas membaca Al-Qur’an pada santri. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan baca Al-Qur’an santri TPQ Baitusshalihin? dan bagaimana Penerapan metode iqra’ yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an santri TPQ Baitusshalihin?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan baca Al-Qur’an santri TPQ Baitusshalihin sudah sangat baik untuk tingkatan mereka masing-masing. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan dalam pengucapan beberapa huruf Al-Qur’an yang berdekatan. Sehingga membuat beberapa santri harus lebih lama dalam melakukan pengulangan bacaan. Penerapan metode Iqra’ di TPQ Baitusshalihin menggunakan sistem Klasikal-Individual dengan cara Tasmi’. Klasikal merupakan pemaparan materi pada saat pembelajaran secara massal. Sedangkan individual yaitu pendampingan membaca Iqra’ lalu didengarkan oleh ustadz/ustadzah. Penerapan metode tersebut mendapatkan respon positif dari santri. Akan tetapi, masih ada kendala dari santri yaitu bosan jika harus mengulang pada halaman yang mereka belum lancar dan masih adanya orang tua santri yang kurang kerja sama dalam menjaga kelancaran membaca santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizatul Raziah
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:27
Last Modified: 20 Feb 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26940

Actions (login required)

View Item
View Item