Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Hots Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis

Dinda Burhani, 180204041 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Hots Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dinda Burhani, 180204041, FTK, PFS, 085231585364.pdf] Text
Dinda Burhani, 180204041, FTK, PFS, 085231585364.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan HOTS peserta didik disebabkan oleh metode pembelajaran yang hanya menggunakan sistem ceramah sehingga pembelajaran berlangsung satu arah dan membuat peserta didik tidak aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran open ended lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAS Darul Ihsan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan sampel kelas XI F berjumlah 18 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI H berjumlah 18 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan HOTS peserta didik. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil uji hipotesis dengan uji t one-tailed (pihak kanan) nilai t_hitung > t_tabel yaitu 15.373 > 1.691 sehingga dapat dinyatakan bahwa H_o ditolak dan H_a diterima. Peningkatan kemampuan HOTS peserta didik pada kelas eksperimen ditinjau dari hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan besar persentase 151,2 % sedangkan peningkatan kemampuan HOTS peserta didik pada kelas kontrol ditinjau dari hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan besar persentase 42,5 %, sehingga penerapan model pembelajaran open ended lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dinda Burhani
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:30
Last Modified: 20 Feb 2023 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26946

Actions (login required)

View Item
View Item