Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Home Industri Kerupuk Jangek Di Gampong Lamnga Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar

Farhan Juliadi, 170404041 (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Home Industri Kerupuk Jangek Di Gampong Lamnga Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Home Industri Kerupuk Jangek Di Gampong Lamnga Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar] Text (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Home Industri Kerupuk Jangek Di Gampong Lamnga Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar)
Farhan Juliadi, 170404041, FDK, PMI, 082387523908-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Home Industri Kerupuk Jangek Di Gampong Lamnga, Kecamatan mesjid raya Kabupaten Aceh Besar”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan Home industri kerupuk jangek yang memiliki dampak positif dan ikut berperan serta dalam penyerapan tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran dan perekonomian masyarakat ikut meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui usaha Home industri kerupuk jangek. 2) mengetahui perubahan yang dirasakan masyarakat dengan hadirnya usaha Home industri kerupuk jangek di Gampong Lamnga, Kecamatan Mesjid raya Kabupaten Aceh Besar. Untuk menjawab permasalahan ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui usaha Home industri kerupuk jangek berdampak positif pada sektor ekonomi masyarakat dalam penyerapan tenaga kerja dan skill yang didapatkan . 2) perubahan yang dirasakan masyarakat dengan hadirnya usaha Home industri kerupuk jangek di Gampong Lamnga Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar dapat memenuhi kebuthan sehari-hari, mengurangi pengangguran, meringankan beban suami, memberi uang jajan anak, dan dapat juga ditabung untuk masa depan. Selain berdampak positif dalam bidang ekonomi, usaha Home industri kerupuk jangek ini juga berdampak positif dalam melatih skill masyarakat Gampong yang suatu saat dapat dikembangkan menjadi sebuah usaha dan dapat memperluas lapangan pekerjaan dengan menyerap tenaga kerja lainnya yang berasal dari Gampong Lamnga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Farhan Juliadi
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:10
Last Modified: 20 Feb 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26953

Actions (login required)

View Item
View Item