Efektivitas Metode Tamḥidī Dalam Peningkatan Kualitas Bacaan Alquran Di Sd It Daarul Quran Al Aziziyah Lamteumen Timur Banda Aceh.

Kaisal Munir, 201006007 (2023) Efektivitas Metode Tamḥidī Dalam Peningkatan Kualitas Bacaan Alquran Di Sd It Daarul Quran Al Aziziyah Lamteumen Timur Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Metode Tamḥidī Dalam Peningkatan Kualitas Bacaan  Alquran Di Sd It Daarul Quran Al Aziziyah Lamteumen Timur Banda Aceh] Text (Efektivitas Metode Tamḥidī Dalam Peningkatan Kualitas Bacaan Alquran Di Sd It Daarul Quran Al Aziziyah Lamteumen Timur Banda Aceh)
Kaisar Munir, 201006007, PS, IAT, 085207209075.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Alquran di Indonesia secara umum diketahui menggunakan metode Iqra, yang memiliki pengaruh terhadap ketidaklaziman masyarakat umum ketika membaca mushaf Madinah. Namun di Sekolah Dasar IT Daarul Quran Al-Aziziyah di Lamteumen, menggunakan metode tamhidi sebagai cara mengajarkan siswa untuk membaca Alquran. Tesis ini membahas bagaimana efektivitas metode tamhidi yang diterapkan di Sekolah Dasar IT Daarul Quran Al-Aziziyah di Lamteumen, Banda Aceh. Metode tamhidi adalah metode pengajaran Alquran, pada tesis ini akan dikomparasikan keefektifannya dengan metode Iqra’, dengan tolok ukur dari segi kualitas, mutu pembelajaran, dan pengelolaan, menggunakan teori terkait seperti efektivitas dan kualitas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode tamhidi adalah sebuah metode yang efektif dari segi waktu, untuk mencapai keberhasilan capaian siswa dapat membaca Alquran dengan baik dan benar, dikarenakan pembelajaran yang simple dan tepat langsung pada pengenalan simbol dan cara membaca, menggantikan materi tajwid yang rumit dan bertele-tele untuk anak usia dini. Metode tamhidi juga memiliki kelemahan seperti kurangnya pengayaan materi, dan tidak terlalu efektiv pada anak yang memiliki tingkat kecerdasan dan kemampuan kognitif di bawah rata-rata.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, tamhīdī, Iqra’, Alquran, efektivitas.
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Kaisal Munir
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:32
Last Modified: 20 Feb 2023 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26958

Actions (login required)

View Item
View Item