Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Penelitian di Gampong Kuta Paya Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya)

Muhammad Yunus, 160105055 (2023) Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Penelitian di Gampong Kuta Paya Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Dana Desa Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang  Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Penelitian Di Gampong Kuta Paya Kecamatan Seunagan  Kabupaten Nagan Raya)] Text (Efektivitas Penggunaan Dana Desa Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Penelitian Di Gampong Kuta Paya Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya))
Muhammad Yunus, 160105055, FSH, HTN, 082273701232.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, idealnya, dana desa direalisasikan untuk kewenangan di bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pengoperasian pembangunan desa, pembinaan masyarakat desa, pemberdayaan masyarakat desa, pada kenyataan di Gampong Kuta Paya tidak sepenuhnya terealisasikan dan juga kurang dalam menyejahterakan masyarakat. Terdapat dua pertanyaan penelitian dalam skripsi ini, pertama, bagaimana penggunaan dana desa di Gampong Kuta Paya Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya?. Kedua, apakah penggunaan dana desa di Gampong Kuta Paya Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya sudah efektif? Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan hukum normatif empiris dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) juga melibatkan kepustakaan (Library Research) yakni mengkaji hukum yang tertulis juga fakta dilapangan dengan menggunakan pola deskriptif analitik untuk memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data yang telah terkumpul sebagaimana adanya dengan melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, penggunaan dana desa di Gampong Kuta Paya dialokasikan untuk operasional kantor baik gaji aparatur desa maupun peralatan kantor, pembangunan baik fisik maupun non fisik, pemberdayaan masyarakat, pelatihan atau bimbingan, dalam artian pembangunan tersebut lebih kepada jiwa manusia dan bidang pembinaan. Kedua, penggunan dana desa di Gampong Kuta Paya belum terlaksanakan secara efektif dikarenakan tidak sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 alasannya ada beberapa pembangunan yang sudah lama direncanakan namun sampai sekarang belum direalisasikan. Dalam peningkatan ekonomi desa juga tidak terpenuhi karena tidak adanya BUMG yang berguna untuk Gampong Kuta Paya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Kesejahteraan Masyarakat, Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Muhammad Yunus Yunus
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:50
Last Modified: 21 Feb 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26977

Actions (login required)

View Item
View Item