Pengaruh Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa Min 1 Aceh Tenggara.

Nuri Evira, 160209009 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa Min 1 Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa Min 1 Aceh Tenggara] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa Min 1 Aceh Tenggara)
Nuri Evira, 160209009, FTK, PGMI, 085217638762.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini masih kurang maksimal penggunaan model pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini dapat terjadi karena selama proses belajar mengajar tidak sesuainya model pembelajaran yang digunakan dengan materi yang diajarkan sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah dan sulit memahami materi yang telah diajarkan. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan rasa ingin tahu siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap hasil belajar. Rancangan penelitian bersifat Quasi Experimental dengan Nonequivalent pre-test post-test grup control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan Porpusive Sampling yaitu kelas eksperimen sebanyak 22 siswa dan kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian ini adalah soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Analisis hasil belajar ini menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil perhitungan uji-t signifikan (sig. 2 tailed) sebesar 0,000, karena 0,000 < 0,5 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan kriteria keputusan yang telah ditentukan yaitu thitung sebesar 12,42 dan ttabel sebesar 1,683 (thitung> ttabel) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model STEM, Hasil Belajar Siswa, Sifat-Sifat Cahaya
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuri Evira
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:08
Last Modified: 21 Feb 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26989

Actions (login required)

View Item
View Item