Penggunaan Media Seven In One Pada Materi Sistem Koordinat Cartesius Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 35 Aceh Besar

Maisarah, 150209065 (2022) Penggunaan Media Seven In One Pada Materi Sistem Koordinat Cartesius Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 35 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Ajar] Text (Media Ajar)
Maisarah, 150209065, FTK, PGMI, 082304126770.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Media ajar adalah salah satu instrumen yang sering digunakan sebagai alat bantu guru untuk menyampaikan informasi dan materi pelajaran, keberadaan media memberikan konsep belajar yang lebih menarik bagi siswa. Seven In One adalah salah satu bentuk inovasi media yang dikembangkan dalam pengajaran matematika, diantaranya adalah pengajaran materi sistem koodinat cartesius. Berdasarkan pengamatan awal aktifitas belajar di sekolah MIN 35 Aceh Besar menunjukkan proses belajar berlangsung satu arah dan berpusat pada guru yang menyebabkan siswa mudah bosan, sehingga berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini “Penggunaan Media Seven In One Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Min 35 Aceh Besar Pada Materi Sistem Koordinat Cartesius” dirancang sebagai media ajar dalam proses pembelajaran untuk tujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan terhadap 21 populasi kelas V MIN 35 Aceh Besar, dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dalam 3 (tiga) siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat lembar pengamatan aktifitas guru dan siswa, dan memberikan soal evaluasi pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru mengalami peningkatan signifikan dari tiap siklus dengan persentase peningkatan 65%, 78.33%, dan 88.33%. Nilai aktifitas siswa juga meningkat dengan besar peningkatan tiap siklusnya 66.67%, 76.67%, 90%. Hasil belajar siswa menunjukkan perubahan tingkat kelulusan dengan persentase ketuntasan klasikal Siklus I sebesar 52.38% (11 siswa), Siklus II 61.9% (13 siswa), dan Siklus III meningkat mencapai 71.43% (15 siswa). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ajar seven in one memberikan dampak yang sangat baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maisarah Sarah
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:04
Last Modified: 21 Feb 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26990

Actions (login required)

View Item
View Item