Pengaruh Media Scrapbook Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Min 3 Aceh Besar.

Annisa Sarifa Ihsani Nasution, 160209012 (2023) Pengaruh Media Scrapbook Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Min 3 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Media Scrapbook Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik  Min 3 Aceh Besar] Text (Pengaruh Media Scrapbook Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Min 3 Aceh Besar)
Annisa Sarifa Ihsani Nasution, 160209012, PGMI, 08139166761.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung tampak bosan, peserta didik kurang memperhatikan pembelajaran dikarenakan kurangnya pemanfaatan media yang digunakan guru. Guru hanya menggunakan buku sebagai bahan ajar oleh sebab itu belum tampak terlihat kreativitas dalam diri mereka, dilihat dari masih ada yang belum dapat memahami pelajaran yang telah dipelajarinya. Peneliti ingin melakukan eksperimen mengenai media Scrapbook kreativitas untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Scrapbook Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik di MIN 3 Aceh Besar. Jenis penelitian ini eksperimen dengan teknik pengumpulan data tes, dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Subjek penelitian yaitu Peserta didik kelas IV B di MIN 3. Hasil eksperimen telah dilaksanakan penggunaan media lebih efektif digunakan dalam pembelajaran tematik. dilihat nilai peserta didik kelas eksperimen pertemuan ke-1 sebelum menggunakan media nilai rata-rata 5,46, pertemuan ke-2 5,69. Nilai setelah menggunakan media scrapbook kreativitas dalam pembelajaran meningkat, nilai rata-rata siklus ke-1 6,76, pertemuan ke-2 7,07. Data ini menunjukan ada perbedaan yang signifikan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil Uji Hipotesis perhitungan Uji-t dengan SPPS 22.0 menunjukkan hasil hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai sig. 0,006 < 0,05 pada pertemuan ke-1 0,000 < 0,05 pertemuan ke-2 artinya tedapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Scrapbook Kreativitas, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annisa Sarifa Ihsani Nasution
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:08
Last Modified: 21 Feb 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26992

Actions (login required)

View Item
View Item