Penerapan Layanan Bimbingan Islami Pada Pasien Rawat Inap (Studi Pada Instalasi Pelayanan Islami Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin

Adelia Aisyah Kinanti, 170402114 (2023) Penerapan Layanan Bimbingan Islami Pada Pasien Rawat Inap (Studi Pada Instalasi Pelayanan Islami Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Layanan Bimbingan Islami Pada Pasien Rawat Inap (Studi Pada Instalasi Pelayanan Islami Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin] Text (Penerapan Layanan Bimbingan Islami Pada Pasien Rawat Inap (Studi Pada Instalasi Pelayanan Islami Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin)
Adelia Aisyah Kinanti, 170402114, FDK, BKI, 082160513091.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk lainnya, akan tetapi di dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari berbagai masalah yang salah satunya adalah masalah kesehatan. Di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin terdapat beberapa pasien rawat inap yang memiliki permasalahan psikis akibat penyakit yang dideritanya yang menyebabkan proses penyembuhan menjadi lebih lama, sehingga perlu diterapkannya bimbingan islami untuk mempercepat proses kesembuhan pasien rawat inap. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui penerapan bimbingan islami pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin, 2. Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh ustad dan ustazah dalam penerapan bimbingan islami dan cara mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui obervasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil Penelitian, penerapan bimbigan islami pada pasien rawat inap sudah diterapkan dengan baik, melalui pemberian materi tentang: motivasi kesembuhan pasien, akidah, ibadah, do’a dan dzikir, dan fiqih wanita. Hambatan yang yang dihadapi oleh ustad dan ustazah dalam penerapan bimbingan islami adalah berasal dari faktor internal (ustad dan ustazah itu sendiri) dan faktor eksternal (dari pasien rawat inap), faktor lainnya adalah karena kekurangan staf atau karyawan di Instalasi Pelayanan Islami. Adapun cara untuk mengatasi hambatan pada faktor internal adalah dengan olahraga ringan dipagi hari, istirahat yang cukup, dan memberikan layanan bimbingan islami ke ruangan yang letak jauh dari kantor IPI terlebih dahulu. Kemudian pada faktor eksternal menerapkan komunikasi efektif artinya penyampaian yang diberikan harus sesuai dengan kondisi pasien, disampaikan dengan lemah lembut, sabar, diiringi dengan niali-nilai agama dan di do’akan.

Kata Kunci: Bimbingan Islami, Pasien Rawat Inap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Adelia Aisyah Kinanti Adelia
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:07
Last Modified: 22 Feb 2023 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27006

Actions (login required)

View Item
View Item