Pengaruh Model Inkuiri Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Gerak Materi Lurus Beraturan (GLB) Di SMK-SMTI Banda Aceh

Nurul Fitriani, 180204070 (2023) Pengaruh Model Inkuiri Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Gerak Materi Lurus Beraturan (GLB) Di SMK-SMTI Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Nurul Fitriani, 180204070, FTK, PFS, 081360460595.pdf] Text
Nurul Fitriani, 180204070, FTK, PFS, 081360460595.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penggunaan model CTL ( Contextual Teaching and Learning ) pada pembelajaran fisika di sekolah kurang tepat untuk mengimbangi perkembangan IPTEK yang begitu pesat. Kegiatan belajarnya hanya berpusat pada tugas-tugas yang diberikan oleh guru, guru kurang melatih sikap ilmiah siswa selama proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan penggunaan model dan metode pembelajaran yang tidak variatif (ceramah atau diskusi saja). Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri laboratorium terhadap hasil belajar peserta didik dan responnya terhadap model pembelajaran inkuiri laboratorium. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan angket. Tes yang digunakan berupa lembaran soal dalam bentuk pilihan ganda (Multi Choice). Berdasarkan analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai posttets rata-rata sebesar 85 dan kelas kontrol nilai posttest rata-rata sebesar 63,5. Berdasarkan hasil uji statistika menggunakan IBM SPSS Statictics 26 yang telah dilakukan dengan menguji hipotetis melalui uji t dengan metode independent sampe t test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) pada bagian equal variances assumed dengan nilai signifikannya sebesar 0.000 < 0.05, dimana nilai signifikansi < 0.05 maka Ha diterima, bahwa adanya pengaruh hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model inkuiri laboratorium pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) di SMK-SMTI Banda Aceh. Selanjutnya respon peserta didik terhadap penggunaan model inkuiri laboratorium pada materi Gerak Lurus (GLB) di SMK-SMTI Banda Aceh diperoleh hasil bahwa 57% memilih sangat menarik, 37% memilih menarik, 6% memilih kurang menarik dan 0% memilih tidak menarik. Berdasarkan hasil persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik sangat menarik dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri laboratorium pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) di SMK-SMTI Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurul Fitriani
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:54
Last Modified: 22 Feb 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27031

Actions (login required)

View Item
View Item