Prinsip Prestasi Dikalangan Pekerja Transportasi Online (Analisis Rasionalitas Teknologi Herbert Marcuse Pada Pekerja Grab di banda Aceh)

M Dahrul Mubaraq, 160305068 (2022) Prinsip Prestasi Dikalangan Pekerja Transportasi Online (Analisis Rasionalitas Teknologi Herbert Marcuse Pada Pekerja Grab di banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Transportasi Online] Text (Transportasi Online)
M. Dahrul Mubaraq, 160305068, FUF, SA, 082369471865.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Hadirnya Grab membuka peluang pekerjaan sebagai driver online. pendapatannya menyesuaiakan dengan target penumpang yang didapatkan perhari, bonus dan insentif akan didapatkan driver grab ketika mencukupi target. Tujuan dari studi penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah relevansi prinsip prestasi yang terdapat di kalangan pekerja dan bentuk kontrol rasionalitas teknologis yang dilakukan oleh Perusahaan Grab terhadap rasionalitas pekerja Grab di Kota Banda Aceh. serta mendeskripsikan bentuk kontrol rasionalitas teknologis yang dilakukan olehn Grab di Kota Banda Aceh, Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dinyatakan oleh Herbert Marcuse.
Metode yang digunakan dala penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, untuk pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian bonus prestasi membuat para driver menikmati walau terkadang tidak sesuain dengan harapan dan ekspektasi. di sisi lain mitra Grab justru merasa dirugikan, pasalnya dalam sehari mitra pengemudi harus mengumpulkan poin dengan sejumlah angka minimal berlian yang di tentukan, agar bisa mendapatkan bonus yang disediakan. bentuk kontrol rasionalitas yang di praktekkan sebagaimana yang termuat dalam teori pemikiran Herbert Marcuse, karena itu merupakan trik dari suatu perusahaan untuk menarik dan menyemangati karyawannya dalam bekerja dibawah kekuaasaannya demi kepentingannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: M Dahrul Mubaraq Dahrul
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:53
Last Modified: 22 Feb 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27035

Actions (login required)

View Item
View Item