Penerapan Model Jaring Laba – Laba (Webbed) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa di MIN 29 Aceh Besar

Irna Rafika, 180202182 (2023) Penerapan Model Jaring Laba – Laba (Webbed) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa di MIN 29 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Jaring Laba – Laba (Webbed) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa di MIN 29 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Jaring Laba – Laba (Webbed) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa di MIN 29 Aceh Besar)
Irna Rafika, 180202182, FTK, PBA, 082296846613.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal peneliti di kelas V (b) MIN 29 Aceh Besar, para siswa di sekolah ini mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab, siswa tidak mengetahui apa yang dijelaskan dan yang dituliskan oleh guru di papan tulis, karena suasana pembelajaran yang tidak menyenangkan, sehingga banyak siswa yang tidak menguasai kosakata yang diberikan guru. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti tentang penerapan model jaring laba-laba (webbed) untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui keefektifan penerapan model jaring laba-laba pada pendidikan bahasa untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa MIN 29 Aceh Besar. Untuk mengetahui bagaimana penerapan model jaring laba-laba pada pembelajaran bahasa Arab di MIN 29 Aceh Besar. Alat yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes yang berkaitan dengan pre dan post test menggunakan analisis data statistik deskriptif dan Paired Sample T Test, dengan menggunakan SPSS. Adapun penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model jaring laba-laba (webbed) efektif dalam meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil Pretest dan Postest dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,000 > 0,005. Serta kegiatan guru dan respon siswa pada saat proses pembelajaran penerapan model jaring laba – laba (webbed) untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa memperoleh nilai sangat baik yang hasilnya mencapai 93,1% untuk lembar observasi guru dan 92,8% untuk lembar observasi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Irna Rafika
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:53
Last Modified: 22 Feb 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27037

Actions (login required)

View Item
View Item