Penerapan Model Inkuiri Role Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di MTsS Al-Quddus Kabupaten Nagan Raya.

Fadhilah, 170207046 (2023) Penerapan Model Inkuiri Role Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di MTsS Al-Quddus Kabupaten Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Inkuiri Role Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di MTsS  Al-Quddus Kabupaten Nagan Raya] Text (Penerapan Model Inkuiri Role Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di MTsS Al-Quddus Kabupaten Nagan Raya)
Fadhilah, 170207046, FTK, PBL, 082258201699.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Maka perlu diterapkan model pembelajaran seperti model inkuiri role approach. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang di kelas VIII MTss Al-Quddus Nagan Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November tahun 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrument analisis data berupa soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan thitung˃ ttabel atau 36,295 ˃ 1,729 Maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, Selain itu aktivitas siswa melalui penerapan model inkuiri role approach juga tergolong kategori tinggi saat pembelajaran dengan rata-rata persentasenya 79,17%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model inkuiri role approach pada materi sistem gerak di MTsS Al-Quddus Kabupaten Nagan Raya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Role Approach, Hasil Belajar, Aktivitas,
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fadhilah Fadhilah
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:59
Last Modified: 22 Feb 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27038

Actions (login required)

View Item
View Item