Otoritas Agama Dan Respon Masyarakat Lampaseh Kota Banda Aceh Terhadap Sosialisasi Tausiah MPU Aceh Dalam Pencegahan Pandemi Covid-19

Ikhsan Z, 160305054 (2022) Otoritas Agama Dan Respon Masyarakat Lampaseh Kota Banda Aceh Terhadap Sosialisasi Tausiah MPU Aceh Dalam Pencegahan Pandemi Covid-19. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sosialisasi Tausiah] Text (Sosialisasi Tausiah)
Ikhsan Z, 160305054, FUF, SA, 082347258231.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kemunculan Corona Virus 2019 disingkat dengan Covid-19 telah menghentak penduduk planet bumi dan menjadi fenomena tersendiri bagi semua kalangan.MPU Aceh mengambil peran dalam rangka melahirkan taushiyah yang berisi pembatasan kegiatan sosial kegamaan didalam masyarakat sebagai bentuk upaya untuk pencegahan tersebarnya Covid-19.Taushiyah yang dikeluarkan oleh MPU terdapat pro dan kontra ditengah-tengah masyarakat, khususnya di Gampong Lampaseh Kota Banda Aceh sebagian setuju dan sebagian tidak setuju.Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif deskriptif analisis.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dasar MPU Aceh melakukan sosialisasi pembatasan pelaksanaan Ibadah dan kegiataan sosial keagamaan pada masa pandemi Covid-19, dapat dipahami bahwa MPU Aceh melakukan taushiyah menyangkut pembatasan kegiataan ibadah yang dilakukan di masjid dan kegiatan sosial lainnya bagi daerah dan atau wilayah yang masuk kategori merah di Lampaseh Kota Banda Aceh. Eksistensi MPU Aceh dalam mengeluarkan taushiyah dan fatwa merupakan bagian dari menjalankan tupoksinya yang secara otomatis mengikat semua warga masyarakat baik kaum muslim mapun non muslim yang secara de jure berada wilayah regional Aceh. Selain itu, Respon masyarakat Gampong Lampaseh terhadap sosialisasi tausiah MPU Aceh pelaksanaan ibadah dan kegiatan sosial keagamaan pada masa pandemi Covid-19, secara umum terdapat tiga pihak, yang terdiri dari pihak yang setuju, semi setuju dan pihak yang kontra (tidak setuju). Faktor yang mempengaruhi respon masyarakat Gampong Lampaseh terhadap sosialisasi tausiah MPU Aceh pelaksanaan ibadah dan kegiatan sosial keagamaan pada masa pandemi Covid-19 yaitu kurangnya pemahaman masyarakat terhadap ilmu agama dan kurangnya pengetahuan tentang bahaya Covid 19 ini yang menyebabkan timbulnya pro dan kontra dalam menyikapi Fatwa MUI tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Ikhsan.Z Ikhsan
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:53
Last Modified: 22 Feb 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27039

Actions (login required)

View Item
View Item