Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata Kelas 1 Min 29 Aceh Besar

Nurbaiyati, 201325137 (2018) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata Kelas 1 Min 29 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Ketrampilan Membaca Permulaan]
Preview
Text (Membahas Tentang Ketrampilan Membaca Permulaan)
Combine.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan D gabung.pdf]
Preview
Text
Form B dan D gabung.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan suatu kegiatan interaktif untuk memetik serta memahami arti atau makna yang terkadung di dalam bahan tulis. Pembelajaran membaca permulaan pada kelas rendah sering ditemukan sebagai permasalahan, di antaranya masalah siswa, guru, materi kegiatan belajar mengajar dan metode yang digunakan misalnya cara penyajian materi pelajaran pembelajaran. Masih banyak siswa kelas I MIN 29 Aceh Besar yang belum tuntas dalam membaca permulaan dan tidak memenuhi KKM yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture dengan pemanfaatan media kartu kata. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas I MIN 29 Aceh Besar yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture pemanfataan media kartu kata mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru dengan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 2,4 (kurang baik). Skor pada siklus II yaitu 3,5 (baik) dan siklus III yaitu 4,0 kategori sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan, yaitu 2,3 (kurang baik) pada siklus I, siklus II yaitu dengan skor 3,4 (baik) dan siklus III yaitu 3,7 kategori (sangat baik). Hasil tes pada siklus I ini hanya 51,72% siswa yang mencapai ketuntasan individu. Jika dilihat ketuntasan secara klasikal pada siklus ini juga belum tuntas karena terdapat 48,28% belum tuntas. Pada siklus II siswa yang tuntas sebesar 65,51% sedangkan 34,48% belum tuntas belajar. Pada siklus III sebesar 96,55% sudah tuntas dan 3,45% belum tuntas. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif Picture and Picture pemanfataan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Tasnim Idris, M. Ag 2.Silvia Sandi Wisuda Lubis, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan , Membaca Permulaan, Media Kartu Kata.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: 201325137 Nurbaiyati
Date Deposited: 02 Mar 2018 04:20
Last Modified: 02 Mar 2018 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item
View Item