Model Komunikasi BKKBN Terhadap Ulama Dalam Menyukseskan Program Keluarga Berencana Di Kabupaten Aceh Selatan

Rahmad Saputra, 150401050 (2023) Model Komunikasi BKKBN Terhadap Ulama Dalam Menyukseskan Program Keluarga Berencana Di Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Model Komunikasi BKKBN Terhadap Ulama Dalam Menyukseskan Program Keluarga Berencana Di Kabupaten Aceh Selatan] Text (Model Komunikasi BKKBN Terhadap Ulama Dalam Menyukseskan Program Keluarga Berencana Di Kabupaten Aceh Selatan)
Rahmad Saputra, 150401050, FTK, KPI, 089603487653.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai motor penggerak Program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia, sekarang ini sangat berpihak pada upaya membangun keluarga sejahtera dengan visi dan misinya yang telah diperbaharui, yakni ”Seluruh Keluarga Ikut KB” dan ”Mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera”. Membahas proses komunikasi tidak lepas halnya dengan peran model komunikasi, yakni untuk menjelaskan elemen-elemen dalam komunikasi itu sendiri, dikarenakan sebagai gambaran yang ditampilkan dalam bentuk visual. Dan juga untuk acuan membuat riset dalam komunikasi malalui pemahaman dasar dalam pengetahuan, sehingga dapat meningkatkan ke efektifan berkomunikasi, serta memprediksikan kemungkinan sukses ataupun gagalnya sebuah proses komunikasi dengan mempelajari model. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model komunikasi yang diterapkan BKKBN terhadap ulama dalam menyukseskan program keluarga berencana dikabupaten Aceh Selatan yaitu model komunikasi verbal / langsung, Komunikasi pasif, dan Komunikasi Silang. Adapun Hambatan yang dihadapi BKKBN dalam penerapan model komunikasi terhadap ulama dalam menyukseskan program keluarga berencana di Kabupaten Aceh Selatan yaitu hambatan komunikasi internal meliputi: program dan sosial. Hambatan komunika eksternal meliputi: salah persepsi, pengimputan data, lokasi pendalaman, pandemi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahmad Saputra
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:57
Last Modified: 22 Feb 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27040

Actions (login required)

View Item
View Item