Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pensiun Pegawai Negeri Sipil Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada PT. TASPEN (Persero) Cabang Banda Aceh)

Cut Mutiah Aksyah, 180602104 (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pensiun Pegawai Negeri Sipil Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada PT. TASPEN (Persero) Cabang Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tangible] Text (Tangible)
Cut Mutiah Aksyah, 180602104, FEBI, ES, 082241400695.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Melihat peranan ASN yang sangat penting bagi pembangunan nasional, maka perlu diberikan perlindungan, pemeliharaan, serta peningkatan kesejahteraan sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Usaha peningkatan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil dan keluarganya setelah purna tugas dilakukan melalui penyelenggaraan program pensiun. Salah satu institusi pemerintah dalam memberikan pelayanan dana pensiun adalah PT TASPEN (Persero) Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pensiunan Pegawai Negeri Sipil berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu Tangible (Bukti fisik layanan), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan) dan Empathy (Empati) dalam perspektif Ekonomi Syariah pada PT.TASPEN (persero) Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif inferensial. Teknik analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian ini menyatakan seluruh variabel kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan peserta pensiun Pegawai Negeri Sipil pada PT.TASPEN (persero) Banda Aceh. Variabel Reliability (Keandalan) dan Empathy (Empati) secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan pensiun Pegawai Negeri Sipil. Sedangkan Tangible (Bukti Fisik), Responsiveness (Daya Tanggap) dan Assurance (Jaminan) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan pensiun Pegawai Negeri Sipil pada PT.TASPEN (persero) Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Mutiah Aksyah Cut
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:56
Last Modified: 22 Feb 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27041

Actions (login required)

View Item
View Item