Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer Terhadap Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Putri Lara Maulida, 180209091 (2022) Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer Terhadap Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Giving Question and Getting Answer] Text (Giving Question and Getting Answer)
Putri Lara Maulida, 180209091, FTK, PGMI, 082210798629.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Hasil observasi yang peneliti lakukan oleh MIN 25 Aceh Besar tepatnya di kelas IV pada saat proses pembelajaran tematik berlangsung dilatarbelakangi yaitu masih banyak peserta didik yang belum mampu mengajukan pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa dengan penerapan strategi Giving Question and Getting Answer pada peserta didik di kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Jenis penelitian yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) menggunakan strategi Giving Question and Getting Answer yang terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 25 Aceh Besar yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi.. Hasil penelitian ini yaitu terjadi peningkatan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran tematik kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I skor persentase 74 % kategori baik dan pada siklus II terjadi peningkatan diperoleh skor sebesar 92,59 % kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas peserta didik siklus I skor persentase yaitu 72,22 % kategori baik dan terjadi peningkatan siklus II skor persentase sebesar 91,66 % termasuk kategori Sangat Baik. Adapun kemampuan bertanya peserta didik siklus I skor persentase yaitu 58,00 % kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh skor persentase sebesar 90,00 % kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan dengan penerapan strategi Giving Question and Getting Answer pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Lara Maulida Putri
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:59
Last Modified: 22 Feb 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27044

Actions (login required)

View Item
View Item