Komunikasi Bisnis Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Praktik Dagang Jamaah Tabligh di Cot Goh)

Rahmatullah, 170401087 (2022) Komunikasi Bisnis Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Praktik Dagang Jamaah Tabligh di Cot Goh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Jamaah Tabligh] Text (Jamaah Tabligh)
Ramatullah, 170401087, FDK, KPI, 085358482303.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Komunikasi bisnis merupakan komunikasi verbal maupun non-verbal guna memberi informasi terkait usaha dagang belum dikaji secara Islami seperti yang diamalkan Jamaah Tabligh. Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny dalam bukunya membahas tentang kewajiban bekerja dan larangan meminta-minta dalam memenuhi kebutuhan hidup Jamaah Tabligh. Ujang Saepullah menjelaskan bahwa komunikasi bisnis Jamaah Tabligh dalam berdagang mendapat respon positif dari pelanggannya dikarenakan mereka menyatukan antara bisnis dan dakwah. Khusniati Rofiah, mengungkapkan keberhasilan bisnis Jamaah tabligh karena mengedepankan aktivitas dakwah dari pada keuntungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model komunikasi bisnis dalam Islam yang dipraktikkan Jamaah Tabligh di Cot Goh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif guna mengungkap data secara mendalam melalui wawancara, observasi dan kajian dokumen terhadap komunikasi bisnis yang dilakukan Jamaah Tabligh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh pedagang Jamaah Tabligh sudah sudah sesuai dengan rujukan Islam dan temuan utama dalam penelitian ini adalah komunikasi bisnis yang diamalkan Jamaah Tabligh di Cot Goh berorientasikan pada wahdaniyat, akhirat dan risalah yang dipraktikkan dalam bentuk komunikasi ifrodi, komunikasi ijtimai, komunikasi khususi, dan komunikasi umumi. Keberhasilan bisnis sangat ditentukan oleh bagaimana membangun jaringan komunikasi bersifat informing agar bisnis yang dijalankan memiliki pelanggan dan menguasai pasar yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahmatullah Rahmat
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:03
Last Modified: 22 Feb 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27046

Actions (login required)

View Item
View Item