Hubungan Regulasi Emosi Dengan Parenting Stress Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB Negeri Kebayakan Takengon

Eramadhani, 180901081 (2022) Hubungan Regulasi Emosi Dengan Parenting Stress Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB Negeri Kebayakan Takengon. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Regulasi Emosi] Text (Regulasi Emosi)
Eramadhani, 180901081, FPSI, PSI, 081376986310.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Orang tua yang memiliki anak ABK tentunya memiliki tuntutan dan tekanan yang lebih besar sehingga cenderung merasakan stres selama proses pengasuhan (parenting stress). Salah satu faktor penyebab terjadinya parenting stress yaitu regulasi emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan parenting stress pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) di SDLB Negeri Takengon. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Adapun teknik sampling menggunakan sampel jenuh dengan 83 sampel berdasarkan skala regulasi emosi dan parenting stress sebagai alat ukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara regulasi emosi dengan parenting stress dengan dari nilai Koefisien Korelasi Pearson yaitu sebesar -0,475 dan nilai p = 0,000. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima yaitu adanya hubungan negatif antara regulasi emosi dengan parenting stress. Semakin rendah regulasi emosi, maka semakin tinggi parenting stress yang terjadi pada orang tua. Sebaliknya, semakin tinggi regulasi emosi maka semakin rendah parenting stress yang akan terjadi pada orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Eramadhani Era
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:25
Last Modified: 23 Feb 2023 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27052

Actions (login required)

View Item
View Item