Pengaruh Papan Infografik Penanganan Covid-19 Terhadap Kepatuhan Masyarakat Dalam Melaksanakan Protokol Kesehatan Di Kota Banda Aceh

Putri Hardini, 160401003 (2022) Pengaruh Papan Infografik Penanganan Covid-19 Terhadap Kepatuhan Masyarakat Dalam Melaksanakan Protokol Kesehatan Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Papan Infografik Penanganan Covid-19 Terhadap Kepatuhan Masyarakat Dalam Melaksanakan Protokol Kesehatan Di Kota Banda Aceh] Text (Pengaruh Papan Infografik Penanganan Covid-19 Terhadap Kepatuhan Masyarakat Dalam Melaksanakan Protokol Kesehatan Di Kota Banda Aceh)
Putri Hardini, 160401003, FDK, KPI (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Keberadaan papan infografik penanganan Covid-19 di Kota Banda Aceh telah banyak dipajang guna memberikan pesan edukasi terkait protokol Kesehatan mulai dari cara menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Namun, fakta di lapangan menunjukkan masih banyak di temukan masyarakat yang kurang mematuhi instruksi tersebut termasuk dalam mengunjungi berbagai tempat umum seperti warung kopi, pasar dan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh papan infografik penanganan Covid-19 terhadap kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 252.899 orang dan sampel sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik random sampling melalui perhitungan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Analisa data terdiri dari uji koefisien korelasi, determinasi, regresi linear sederhana dan uji-t dengan menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa papan infografik penanganan Covid-19 berpengaruh terhadap kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan di Kota Banda Aceh dengan nilai angka korelasi sebesar 0,648 tergolong kategori sedang, sedangkan hasil pengujian koefisien determinasi R2 menunjukkan besarnya nilai determinasi R yaitu: 0,420 berarti terdapat pengaruh papan infografik penanganan Covid-19 sebesar 42,0% tergolong sedang terhadap kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan di Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Hardini dini
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:11
Last Modified: 24 Feb 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27058

Actions (login required)

View Item
View Item